Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA (AMG) TAHUN AKADEMIK 2014/2015

logo AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA (AMG) TAHUN AKADEMIK 2014/2015Penerimaan Taruna AMG 2014 | PTB AMG 2014 | ptb.amg.ac.id – Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Pada Tahun Akademik 2014/2015, AMG kembali memanggil putra putri terbaik dari seluruh Wilayah Republik Indonesia yang berminat untuk dididik menjadi ahli di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

AMG menyelenggarakan program pendidikan pada jenjang Diploma III dan Diploma IV dengan program studi meteorologi, program studi klimatologi, program studi geofisika dan program studi instrumentasi. Pendidikan diselenggarakan dengan sistim paket yang diukur dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh dalam waktu 6 (enam) semester untuk jenjang Diploma III dan 8 ( delapan) semester untuk jenjang Diploma IV. Seorang taruna dapat dinyatakan gugur (putus kuliah, dropout) jika pada semester tertentu melakukan pelanggaran disiplin, pelanggaran atas moral dan etika, dan atau secara akademik tidak dapat mencapai indeks prestasi yang ditentukan. Lulusan Diploma III berhak menyandang gelar Ahli Madya (A.Md) dan lulusan Diploma IV berhak menyandang gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST).

Tahun Akademik 2014/2015, AMG menerima taruna baru berikatan dinas melalui proses seleksi. Proses seleksi meliputi Test Kemampuan Dasar (TKD), Test Kemampuan Akademik (TKA), Test Kesehatan dan Wawancara. Seluruh rangkaian proses penerimaan diadakan mulai tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal 26 Agustus 2014. Proses pendaftaran dilakukan secara on-line mulai tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal 20 April 2014. Test Kemampuan Dasar akan dilaksanakan di 12 (dua belas) Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN), sedangkan Test Kemampuan Akademik akan dilaksanakan di 19 (sembilan belas) lokasi Kantor UPT-BMKG di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah menyelesaikan pendidikan, taruna akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) sesuai ketentuan yang berlaku, dan selanjutnya ditempatkan di unit pelaksana teknis (UPT) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di seluruh Indonesia. Biaya selama pendidikan ditanggung negara, dan akan diberikan tunjangan ikatan dinas atau tunjangan belajar sesuai ketentuan yang berlaku. Selama pendidikan tidak disediakan asrama.

Ketentuan Penerimaan Taruna Baru, Program Diploma IV, Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015. (PTB-AMG-2014) :

A. Syarat Umum Calon Taruna :

1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata.
2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2014 (lahir setelah tanggal 31 Agustus 1991 atau sebelum tanggal 31 Agustus 1997).
3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
4. Bebas narkoba.
5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan.
6. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima.
7. Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).
8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

B. Syarat seorang calon dinyatakan diterima sebagai Taruna :

1. Memenuhi seluruh persyaratan tersebut pada butir (A),
2. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK,
3. Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK,
4. Memenuhi Nilai Ambang Batas Test Kemampuan Dasar (TKD),
5. Lulus Test Kemampuan Akademik (TKA), dan
6. Lulus Test Kesehatan dan Wawancara.

C. Pembeayaan proses seleksi dan selama pendidikan :
1. Biaya selama proses seleksi sampai dengan pendaftaran ulang setelah calon dinyatakan diterima sebagai taruna ditanggung sepenuhnya oleh calon.
2. Seluruh biaya pendidikan selama di AMG ditanggung negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan tunjangan ikatan dinas atau tunjangan belajar sesuai ketentuan yang berlaku.
3. Tidak disediakan asrama selama mengikuti pendidikan.

D. Pendaftaran :
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Panitia PTB-AMG-2014 dengan alamat http://ptb.amg.ac.id.
2. Pendaftaran dapat dilakukan antara tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal dengan tanggal 20 April 2014 jam 15.00 WIB.
3. Calon harus terlebih dahulu yakin dapat memenuhi seluruh syarat butir (A). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak akan diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
4. Sebelum melakukan pendaftaran secara online, persiapkan lebih dahulu alamat email yang masih berlaku dan file pasfoto berwarna dalam format jpg, dengan ukuran maksimum 500 KB.

E. Jenis dan Lokasi dan Waktu Test :

1. Test dibagi dalam tiga tahap :
a) Tahap I : Test Kemampuan Dasar (TKD)
b) Tahap II : Test Kemampuan Akademik (TKA)
c) Tahap III : Test Kesehatan dan Wawancara.
2. Test Kemampuan Dasar (TKD) dilaksanakan di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara dengan sistim CAT (Computerized Assisted Test ). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi TKD di salah satu dari 12 (dua belas ) Kantor Regional BKN (http://bkn.go.id). Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Dasar (TKD) pada waktu melakukan pendaftaran secara on-line. Ke dua belas kota tersebut adalah :
1). Jogjakarta
2). Surabaya
3). Bandung
4). Makasar
5). Jakarta
6). Medan
7). Palembang
8). Banjarmasin
9). Jayapura
10). Denpasar
11). Manado
12). Pekanbaru

Test Kemampuan Dasar (TKD) diselenggarakan satu kali untuk seorang calon sesuai jadwal yang ditentukan. Apabila calon tidak hadir pada tempat dan waktu yang ditentukan sesuai jadwal, maka calon yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Jadwal detil lokasi dan waktu Test Kemampuan Dasar (TKD) dapat dilihat pada tanggal 23 April 2014 melalui website Panitia PTB-AMG-2014.

3. Test Kemampuan Akademik (TKA) terdiri atas Test Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris. Test Kemampuan Akademik hanya dapat diikuti oleh calon yang memenuhi nilai ambang batas TKD, sesuai Peraturan Menteri PAN-RB No. 35 Tahun 2013 (http://www.menpan.go.id). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi Test Kemampuan Akademik (TKA) di salah satu dari 19 ( sembilan belas ) Kantor Unit Pelaksanan Teknis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (UPT-BMKG, http://www. bmkg.go.id).

Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Akademik (TKA) pada waktu melakukan pendaftaran secara on-line. Ke Sembilan belas lokasi UPT-BMKG tersebut adalah :
1). Stasiun Meteorologi Aceh,
2). Balai Besar MKG Wilayah I Medan,
3). Stasiun Meteorologi Pekanbaru,
4). Stasiun Meteorologi Palembang
5). Akademi Meteorologi dan Geofisika, AMG, Tangerang,
6). Stasiun Klimatologi Semarang,
7). Stasiun Geofisika Jogjakarta
8). Stasiun Meteorologi Surabaya,
9). Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar,
10). Stasiun Geofisika Kupang
11). Stasiun Meteorologi Pontianak,
12). Stasiun Meteorologi Banjarmasin,
13). Stasiun Meteorologi Samarinda,
14). Stasiun Meteorologi Palu,
15). Stasiun Geofisika Manado,
16). Balai Besar MKG Wilayah IV Makasar,
17). Stasiun Geofisika Ambon,
18). Stasiun Meteorologi Sorong, dan
19). Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura,

F. Tata cara pendaftaran :
Pendaftaran dilakukan secara on-line mulai tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal 20 April 2014 jam 15.00 wib melalui website Panitia PTB-AMG-2014 dengan alamat http://ptb.amg.ac.id dengan prosedur sebagai berikut :
1. Sebelum melakukan pendaftaran secara online, persiapkan lebih dahulu alamat email yang masih berlaku dan file pasfoto berwarna dalam format jpg, dengan ukuran maksimum 500 KB.
2. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara on-line pada website tersebut diatas. Setelah mengisi seluruh data pendaftaran, calon akan menerima email. Selanjutnya bukalah email tersebut, dan klik pada link yang disediakan untuk memvalidasi pendaftaran anda.
3. Download Bukti Validasi dari web tersebut diatas. Nomor Pembayaran yang tercantum pada Bukti Validasi ini selanjutnya akan digunakan untuk pembayaran di Bank BNI.
4. Gunakan Nomor Pembayaran ini untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah). Pembayaran harus dilakukan melalui Teller di kantor Bank BNI dimanapun. (lihat menu Panduan Pembayaran). Biaya administrasi bank sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) ditanggung peserta yang bersangkutan.
5. Setelah melakukan pembayaran di kantor Bank BNI, calon akan mendapatkan bukti setoran dari Bank BNI yang mencantumkan No. PIN.
6. Calon kembali membuka website Panitia PTB-AMG-2014. Pilih menu Cetak Kartu Tanda Peserta. Masukkan No. Pembayaran ( lihat no. 2 diatas) dan No. PIN yang tercantum pada bukti setoran Bank BNI, kemudian klik download.
7. Download Kartu Tanda Peserta ini harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 4 x 24 jam sejak pendaftaran, kecuali pengisian formulir pendaftaran dilakukan pada hari terakhir pendaftaran, maka download Kartu Tanda Peserta paling lambat dilakukan satu hari setelah pendaftaran. Apabila proses ini tidak dilakukan maka calon harus mengulang pengisian formulir dan uang pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat diambil kembali.
8. Simpan dan cetaklah Kartu Tanda Peserta PTB-AMG-2014. Kartu Tanda Peserta ini harus dapat ditunjukkan pada waktu Test Kemampuan Dasar, Test Kemampuan Akademik dan pada waktu Pendaftaran Ulang apabila calon dinyatakan diterima sebagai Taruna.

G. Ketentuan Test Kemampuan Dasar (TKD), Test Kemampuan Akademik (TKA) dan Test Kesehatan :
1. Test Kemampuan Dasar (TKD) dilaksanakan pada lokasi Kantor Regional BKN yang telah dipilih calon pada saat mengisi formulir pendaftaran online. Waktu pelaksanaan TKD ditentukan Panitia antara tanggal 28 April 2014 sampai 9 Mei 2014.
2. Jadwal detil lokasi dan waktu TKD dapat dilihat pada tanggal 23 April 2014 melalui website Panitia PTB-AMG-2014.
3. Calon yang memenuhi nilai ambang batas TKD akan diumumkan melalui website Panitia PTB-AMG-2014 pada tanggal 16 Mei 2014.
4. Test Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri atas Test Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris hanya dapat diikuti oleh calon yang memenuhi nilai ambang batas TKD. Test Kemampuan Akademik dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Juni 2014 secara serentak di 19 (Sembilan belas) lokasi dimulai jam 08.00 wib, 09.00 WITA, dan 10.00 WIT.
5. Pada waktu pelaksanaan TKA akan dilaksanakan pengukuran tinggai badan calon di lokasi pelaksanaan TKA oleh Panitia.
6. Hasil kelulusan TKA akan diumumkan melalui website Panitia PTB-AMG-2014 pada tanggal 20 Juni 2014.
7. Bagi mereka yang dinyatakan lulus TKA dapat melakukan pemeriksaan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah yang ditentukan Panitia atau di Poliklinik AMG pada tanggal 21 Juni 2014 s/d 27 Juni 2014.
8. Wawancara dilaksanakan pada hari Senin, 11 Agustus 2014.

H. Pengumuman Final :
1. Bagi mereka yang telah mengikuti wawancara diminta untuk memberikan kelengkapan administrasi untuk membuktikan bahwa yang bersangkutan memenuhi syarat umum pada butir (A).
2. Apabila terbukti secara nyata bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka calon yang bersangkutan dinyatakan tidak dapat diterima.
3. Hasil Kelulusan Final akan diumumkan melalui website Panitia PTB-AMG-2014 pada tanggal 25 Agustus 2014.

I. Pemberkasan :
1. Bagi calon yang dinyatakan lulus pada pengumuman final, diharuskan melakukan pendaftaran ulang di AMG Jakarta, antara tanggal 26 s.d 30 Agustus 2014.
2. Pada waktu daftar ulang, calon harus membawa :
1. Kartu Tanda Peserta PTB-AMG-2014.
2. Asli ijazah SD, SMP dan SMA/MA/SMK
3. Fotokopi ijazah SD, SMP, SMA/MA/SMK yang dilegalisir, sebanyak 3 (tiga) rangkap.
4. Fotokopi rapor SMA/MA/SMK yang telah dilegalisir secara lengkap sejak Klas X semester 1 s.d Klas XII semester 2 (termasuk data pribadi pada halaman pertama rapor), sebanyak 3 (tiga) rangkap.
5. Fotokopi akta kelahiran,
6. Asli surat keterangan belum menikah dari Kantor Lurah setempat.
7. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan
8. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda tangani calon dan orangtua/wali tentang kesediaan tidak menikah selama pendidikan, kesanggupan bekerja untuk di unit kerja Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dn kesanggupan ditempatkan dimana saja dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

J. Lain – lain :
1. Calon yang dinyatakan diterima sebagai Taruna wajib menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas. Penandatanganan ini akan dilakukan di kantor pusat BMKG atau di AMG.
2. Informasi pendaftaran, pengumuman kelulusan tiap tahap test, atau pengumuman lain berkaitan dengan proses penerimaan taruna baru dapat diakses melalui website PTB-AMG-2014 (http://ptb.amg.ac.id)
3. Alamat resmi Panitia PTB-AMG-2014 AMG Th. 2014 adalah :
Panitia Penerimaan Taruna Baru TA 2014/2015 Akademi Meteorologi dan Geofisika Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.
4. Panitia tidak melayani telpon atau surat menyurat antara calon atau orangtua/wali calon berkaitan dengan proses pendaftaran.

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.