Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Remunerasi PNS Pemda Tahun 2014 ?

Hari ini di beberapa media, Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar, mengatakan bahwa Remunerasi PNS Pemda mulai bisa dinikmati pada tahun 2014. Remunerasi atau tunjangan kinerja ini merupakan buah manis dari Penerapan program reformasi birokrasi di 98 instansi pemda. Besaran remunerasi yang akan di dapatkan oleh PNS Pemda hanya 45% dari gaji pokok, belum 100%. Saat ini Instansi yang telah menerima 100% remunerasi adalah PNS Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Pernyataan Menpan-RB ini tentulah menggembirakan bagi PNS daerah yang telah lama mendambakan adanya Remunerasi PNS Daerah. Pertanyaan kapan remunerasi PNS juga bisa dinikmati oleh PNS Pemprov, Pemkot, Pemkab, sering kali ditanyakan disini. Pertanyaan yang juga bernada kecemburuan, kenapa hanya PNS Kementerian dan Lembaga Negara saja yang mendapatkan remunerasi.

remunerasi pns

Remunerasi PNS Pemda

Tetapi, apakah berita akan adanya Remunerasi PNS Pemda cair tahun 2014 juga menggembirakan bagi PNS Pemda yang daerahnya sendiri telah memberikan tunjangan kinerja daerah atau tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang nilainya lebih 45% dari gaji pokok ? Tentu saja tidak. Beberapa daerah yang APBD nya besar malah telah memberikan tunjangan kinerja bagi pegawainya dengan nilai lebih 100% dari gaji pokok.

Pemkot Kota Tangerang berdasarkan Peraturan Walikota Tangerang Nomor. 13 Tahun 2012 untuk Golongan III/a mendapatkan TPP sebesar 2 juta rupiah/bulan. Pemprov Jabar Berdasarkan KEPUTUSAN GUBERNUR JAWA BARAT NOMOR : 910/Kep.1274–Admbang/2009 memberikan tunjangan tambahan penghasilan bagi pegawainya sebesar Rp.2.250.000/bulan untuk golongan III/a.  Pemprov DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 38 Tahun 2011 memberikan tunjangan kinerja daerah bagi pegawainya sebesar Rp.3.950.000/bulan untuk PNS golongan III/a. Beberapa contoh ini hanya sebagai perbandingan saja. Banyak juga PNS di daerah lainnya yang mendapatkan tunjangan kinerja sangat kecil.

Menpan-RB, Azwar Abubakar mencontohkan jika ada PNS bergaji pokok Rp 3 juta per bulan, maka akan mendapatkan tambahan remunerasi Rp 1.350.000 per bulan dengan pembayaran dirapel dalam beberapa bulan. Nah lo…. besaran mana ama yang didapatkan PNS Pemkot Tangerang, Pemprov Jabar, Pemrov DKI Jakarta, dan beberapa daerah lainnya yang kaya ? apalagi Pak Menteri Azwar menegaskan, dengan adanya tunjangan remunerasi maka PNS pemda tidak boleh menerima pendapatan lain di luar gaji pokok. Misalnya menjadi tim perumus perda, tim lelang, dan tim-tim bentukan darurat lainnya. Selain itu, juga tidak boleh menerima uang rapat harian di daerah setempat. Nah lo….

Intinya tujuan remunerasi PNS Pemda ini baik. Terlepas dari setuju atau tidaknya, dengan adanya remunerasi ini, jurang perbedaan pendapatan antara PNS daerah VS PNS Pusat, PNS daerah kaya VS PNS daerah kurang kaya, tidak terlalu dalam. Ada pemerataan sesuai dengan beban kerja masing-masing. Optimalisasi anggaran yang ada di masing-masing daerah untuk pembangunan bisa dilaksanakan. Kita tunggu saja tindak lanjutnya. Semoga….

Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

10 Comments

Add a Comment
    1. PEGAWAI NEGRI TERKENAL TEPAT WAKTU DAN DISIPLINNYA.
      TAPI KNP TUNKIN/REMONERASI GAK PERNAH TEPAT WAKTU, NAH LO?
      GARA2 GAK TEPAT WAKTU REMONERASI AKAN DITINDAK DISIPLIN. ANCAMANYA DIHAPUSKAN. TAPI TENANG FRIEND, KONPESASINYA KL REMON DIHAPUS YAITU HUTANG BRI PEMUTIHAN/DIHAPUS JUGA. JADI ANDA PILIH REMON DIHAPUS TP BRI DIANGGAP LUNAS. ATAU MSH MENGHARAP REMONERASI YG TDK RATA? (BAGAI LANGIT DAN BUMI)
      MASAK KAMU TEGA MAKAN SDG YG DIDAERAH TDK MAKAN?
      COBA ANDA JG RAPAT ANGGOTA. JGN HANYA PIMPINAN YG RAPIM.
      KL ANGGOTA YG RAPAT PASTI ANGGOTA YG REMONYA DI BESARKAN. KL PIMPINAN YG RAPAT YA PASTI PIMPINAB YG DIBESARKAN.
      SDG PEMIMPIN YG BAIK YAITU LBH MERHATKN DAPURNYA ANGGOTA .

  1. ini beritanya emang benar ato gak ya?
    kok di sumber lain belum ada nyinggung tentang remunerasi pemda (o.O?)

  2. "Besaran remunerasi yang akan di dapatkan oleh PNS Pemda hanya 45% dari gaji pokok, belum 100%. Saat ini Instansi yang telah menerima 100% remunerasi adalah PNS Kementerian Keuangan (Kemenkeu)".
    dengan konsekuensi segala honor dari menjadi tim perumus perda, tim lelang, dan tim-tim bentukan darurat lainnya ditiadakan.

  3. min,kapan ya Remunerasi untuk PNS dilingkungan Kemenag akan dicairkan dan brapa persenkah besarannya dri gaji pokok?????,min tolong juga dimuat tabel Remunerasi untuk PNS dilingkungan Kemenag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.