Remunerasi PNS 2015

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Tips dan Trik Psikotes CPNS

Tips dan Trik Psikotes CPNS – Selamat kepada anda yang berhasil lulus dalam ujian tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun 2012 ini. Beberapa kementerian atau Pemda dengan hasil TKD ini otomatis anda langsung menjadi CPNS, sebagian lagi mengharuskan anda untuk maju ke dalam tahapan tes selanjutnya seperti tes kemampuan bidang (TKB), psikotest, dan wawancara. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) termasuk salah satu Kementerian yang mengadakan tes Psikotes CPNS.

Berikut ini akan saya berikan beberapa tips dan trik ujian psikotes CPNS diambil dan disaring dari berbagai sumber. Sebenarnya sama dengan Psikotest seperti biasa yang diujikan juga pada perusahaan BUMN atau Swasta. Semoga bermanfaat bagi anda para calon pegawai negeri sipil atau para pelamar kerja lainnya.

Jenis dan Rangkaian Psikotest :

1. Pengisian biodata. Isilah dengan lengkap biodata anda sesuai dengan form yang ada

2. Test IQ (Kemampuan) seperti gambar-gambar, mencocokkan, memilih pasangan, atau memilih gambar yang berbeda. Test ini bisa berupa deretan angka ataupun gambar. Dalam mengerjakan soal ini, diperlukan konsentrasi penuh dalam mengerjakannya. Karena test ini memerlukan waktu yang lama, sebaiknya jika anda ada keperluan ke kamar kecil, lakukan sebelum test ini dimulai. Untuk melatih Test IQ, saya sarankan untuk beli buku-buku Test IQ. Sangat banyak di toko buku, bahkan di Facebook pun sudah ada.

iq tes

contoh tes iq

3. Soal matematika dasar. hitungan, aritmatika, dll. Kerjakan sebisanya aja, jangan asal. Dari hasil ini akan kelihatan yang mengerjakan dengan baik atau tidak. Lebih baik sedikit tapi benar semua, daripada banyak tapi lebih banyak yang salah daripada yang benar.

matematika dasar

contoh soal matematika dasar

4. Test Pauli. Pauli itu hampir mirip seperti Kreplin. Isinya angka-angka dalam kertas ukuran koran, dengan tugas menjumlah dari atas ke bawah. Kerjakan sesantai dan secepat mungkin, biasanya banyak peserta yang nambah kertas. Tapi itu tidak jadi patokan, yang penting tetap stabil dalam mengerjakannya. Test pauli bertujuan untuk melihat daya tahan, ketekunan, dan ketelitian. Jadi tetap tenang, jangan sampe ada yg terlewat, tetap fokus pada pengawas saat ada perintah, “Garis!”

pauli tes

contoh tes pauli

5. Tes Kreatifitas. Test Menggambar atau biasa disebut Tes Wartegg tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian anda dari cara menggambar dan apa yang anda gambar. Berikut Rahasianya:

Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Yang perlu anda ingat adalah untuk garis lengkung sebaiknya anda menggambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati.

wartegg tes

wartegg tes sebelum

tes wartegg

contoh wartegg tes sesudah digambar

Kemudian test terakhir adalah menggambar orang, atau menggambar pohon. Pada test menggambar orang. Gambarlah orang secara utuh. Dalam artian disini adalah lengkap semua organ tubuh ( tangan, kaki, dsb ). Gambarlah orang yang sedang melakukan aktifitas. Misalnya, orang yang sedang berangkat kerja,lari dll, Kata psikolog, orang yang seperti itu termasuk dinamis dan kreatif. Pada test menggambar pohon. Gambarlah pohon yang mempunyai kayu, dan yang mempunyai buah. Gambarlah daunnya dengan rindang. Misalnya pohon mangga.

contoh gambar orang

contoh gambar orang

menggambar pohon

contoh gambar pohon

Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal : jika saat mengambar anda terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa anda adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika anda menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti anda termasuk orang yang keras kepala. Tapi ini bukan berarti mutlak benar.

6. Tes Kepribadian. Di tes ini, kita disuruh milih pernyataan yang paling sama/ mirip dengan kepribadian kita. Pada setiap nomor soal, ada dua kalimat pernyataan. Tidak usah mikir, pilih aja yang paling dekat. Dalam test ini tidak menentukan siapa yang baik, dan siapa yang tidak baik. Tes ini murni dilakukan untuk mengenal bagaimana kepribadian calon pegawai. Jawablah soal-soal tersebut sesuai dengan kepribadian anda. Test ini dilakukan untuk menempatkan calon pegawai di posisi jabatan yang tepat. Sesuai dengan prinsip ” Right Man on The Right Place “.

Ujian selesai. Psikotes biasanya memakan waktu sampai 5 jam dan sangat membutuhkan kosentrasi anda. Istirahatlah setelah selesai ujian dengan menenangkan pikiran anda, merelakskan tangan, kaki, kepala, dan otak anda. Setelah itu jangan lupa “berdoa” semoga keberuntungan ada di tangan anda.

Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

1 Comment

Add a Comment
  1. makasihhhh………om…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Remunerasi 2015 & Penerimaan CPNS 2015 © 2015 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.