Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Remunerasi PNS Seluruh Indonesia

pns Remunerasi PNS Seluruh Indonesia

Remunerasi PNS seluruh Indonesia sangat ditunggu oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil di pelosok negeri ini. Secara bertahap Pemerintah memberikan remunerasi terlebih dahulu kepada PNS Kementerian dan Lembaga Negara, kemudian akan menyusul remunerasi terhadap PNS Daerah. Kenapa tidak diberikan secara serentak ? tidak bisa diberikan serentak karena anggaran yang terbatas.

Berdasarkan perhitungan Kementerian PAN-RB, apabila remunerasi PNS seluruh Indonesia diberikan 100%, maka pemerintah membutuhkan anggaran hingga Rp250 per tahun, yang kemungkinan baru dapat terwujud sepuluh tahun mendatang saat APBN mencapai angka Rp5.000 triliun-6.000 triliun. Untuk remunerasi di 76 Kementerian / Lembaga Negara sebesar 100% saja Pemerintah membutuhkan anggaran sebesar Rp45 triliun.

Tahun 2013, anggaran yang dibutuhkan untuk mendanai di 20 kementerian/lembaga yang baru mendapat persetujuan remunerasi pada 2012, mencapai Rp2.921,42 miliar. Sedangkan, remunerasi tahap I menyedot anggaran hingga Rp22 triliun. Oleh sebab itu, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Herry Purnomo, mengatakan Kemenkeu akan melihat kembali alokasi belanja pegawai pada 2013. Pasalnya, kemampuan fiskal pemerintah merupakan pertimbangan untuk menyetujui usulan remunerasi yang diajukan Kementerian PAN & RB.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan tahun ini pemerintah mempercepat proses remunerasi untuk kementerian/lembaga pusat. Rencananya pada 2012, pemerintah akan mengusulkan 16 K/L untuk diremunerasi, namun usulan remunerasi bertambah menjadi 20 K/L dan mendapat persetujuan Kementerian Keuangan.

Tahun 2013, lanjutnya, Kementerian PAN & RB membuka kesempatan bagi 40 K/L untuk mengajukan remunerasi pada tahun anggaran 2014. Diharapkan dengan pemberian remunerasi atau tunjangan kerja dapat mengurangi secara signifikan belanja perjalanan dinas dan honor pegawai negeri sipil yang cenderung dinilai bersifat abu-abu. Untuk itu, KemenPAN-RB mendorong agar remunerasi untuk 76 K/L di pusat dapat diakomodir pada 2013.

Selain remunerasi untuk K/L di tingkat pemerintah pusat, Kementerian PAN & RB menginisiasi pilot project remunerasi dan reformasi birokrasi untuk dinas K/L yang ada di 33 provinsi, 33 kota, dan 33 kabupaten yang prosesnya dimulai pada 2012. Upaya ini merupakan percepatan, pasalnya, program remunerasi untuk daerah rencananya baru dimulai pada 2015.

Wakil Menteri PAN & RB, Eko Prasodjo, menegaskan reformasi birokrasi yang akan digalakkan di tingkat pemerintah daerah tidak berfokus pada anggaran remunerasi tetapi pada internalisasi nilai-nilai reformasi birokrasi pada birokrat daerah. Bentuknya bukan tunjangan kinerja untuk PNS daerah, karena itu sudah berlimpah ruah di daerah. Ini semacam techincal assistence untuk reformasi birokrasi yang komprehensif dengan memasukan muatan reformasi birokrasi dalam tunjangan kinerja yang sudah ada di daerah.

Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

8 Comments

Add a Comment
  1. wah dapat remon ya tinggl nunggu cair, wah Kemenag kapan ya ………….bisa buat tmbh byr kuliah nakae eee ternyata blm dpt remon……………………………wah nasib e wong Kemenag…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.