Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Gaji PNS Kutai Timur Naik 30 Persen Tahun 2013

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kutai Timur (Kutim) tahun 2013 akan bernapas lega. Pasalnya, mereka akan mendapat kenaikan gaji 30 persen dari gaji yang mereka dapatkan tahun 2012. Demikian diterangkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kutim, Rusli Bahrun didampingi Kabid Ekonomi Murdiansyah kepada Samarinda Post.

Murdiansyah mengatakan, rancangan kenaikan gaji ini telah disampaikan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Perhitungan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) pemerintah tahun 2013 di rapat paripurna DPRD Kutim beberapa hari lalu. Namun rencana anggaran ini masih perlu persetujuan dari anggota DPRD Kutim.

LOGO kutai timur Gaji PNS Kutai Timur Naik 30 Persen Tahun 2013

“Kenaikan keseluruhan itu 30 persen. Tapi sebenarnya kenaikan gaji ini terbagi dua, yakni kenaikan gaji pokok yang dari pusat senilai 7,5 persen. Kenaikan ini sudah pasti, karena kenaikan ini merupkan kebijakan pemerintah pusat. Sementara kenaikan lainnya yakni kenaikan Tunjangan Perbaikan Pendapatan (TPP) yang disesuaikan dengan  kemampuan daerah.  “TPP ini yang kenaikannya cukup besar, sehingga kenaikan gaji dirancang mencapai 30 persen,” katanya.

Diakui, bukan hanya kenaikan gaji bagi pegawai negeri, tapi  bagi pejabat Negara juga naik. Seperti gaji bupati, yang selama ini hanya Rp2,8 juta, juga akan naik.  Namun kenaikan gaji bupati  yang direncanakan tahun ini merupakan kenaikan gaji dalam 11 tahun terakhir, karena kenaikan gaji itu diatur sesuai dengan PP 109 tahun 2001 tentang gaji pejabat.

Meskipun gaji naik 30 persen, namun diakui jumlah anggaran untuk belanja pegawai ini masih  sekitar 30 persen dari RAPBD tahun 2013 yang diperkirakan akan berjumlah Rp 2,28 triliun. Sebab untuk pembiayaan gaji PNS, jika disetujui hanya akan berjumlah Rp 625 miliar.

Murdianyah mengakui, 2013 nanti,  jika TPP ini disetujui anggota DPRD Kutim, yang perlu diperbaiki adalah perhitungan pemberiannya. Sebab tidak akan diberikan merata, namun sekarang akan dikaji beberapa formula pemberian TPP, yang adil dan sesuai dengan kinerja pegawai. Misalnya, yang pasti, TPP harus dipotong jika tak hadir. Kemudian, hitungan pemberiannya juga harus sesuai dengan kinerja, untuk memberikan perbedaan bagi yang memang memiliki kinerja yang baik dan yang tidak baik. Sebab ada pegawai yang memang bisa kerja dengan baik, tapi juga ada yang kurang maksimal. “Jadi yang ditetapkan hanya plafon atas, tapi masih berkurang berdasarkan kinerja. Kalau kinerja buruk, TPP juga kurang. Tak hadir sehari, potong 3 persen. Tapi ini masih perlu kajian lebih dalam agar lebih adil,” katanya.

Disebutkan, kenaikan TPP yang dulunya minimal Rp 750 ribu, nantinnya minimal akan menjadi Rp 1 juta. Sementara untuk TPP tertinggi yang dulunya diberikan Rp 5 juta, nantinya akan menjadi Rp7,5 juta. “Untuk TPP, aturan nantinya akan merata untuk semua PNS di Kutim. Termasuk Sekkab, kalau tak masuk kerja pun juga dipotong,” katanya

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.