Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

palu hakim Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

hakim palu

Kemarin, hari jumat tanggal 25 Mei 2012, saya menghadiri sidang tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang beralamat di Jln Let.Jend. S Parman Kav.71 Slipi Jakarta Barat. Kena tilangnya tanggal 8 Mei di daerah Daan Mogot saat menuju ke kantor dengan pelanggaran mengendarai motor di jalur busway. Saya akui memang saya yang salah dan menerima dengan lapang dada SIM ditahan dan diberi surat tilang.

Malamnya sebelum sidang esok hari, saya cari info di internet lokasi sidang, maklum belum familiar ama daerah Jakarta. Setelah tahu gambaran lokasinya dimana, saya cari juga info dari blog para blogger yang pernah ikut sidang di sana, terutama mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan cara menghindari calo-calo yang banyak berkeliaran.

Hari sidang tiba. Di surat tilang tertulis jadwal sidang jam 09.00 Wib. Berangkat dari rumah di tangerang jam 08.00 Wib dan sampai di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pas jam 09.00. Berarti perjalanan dengan motor bisa ditempuh selama 1 jam, pakai mobil bisa lebih lama. Tiba disana langsung masuk ke parkiran di lantai bawah. Petugas parkir langsung menawarkan diri untuk membantu, saya jawab dengan senyuman sambil berlalu menuju petugas keamanan Pengadilan yang mengumpulkan surat tilang bagi yang ingin ikut sidang. Petugasnya berada di depan pintu masuk gedung parkiran bawah dekat warung padang. Setelah itu saya langsung menuju lantai 1 ruangan sidang.

Ternyata di lantai 1 sudah penuh sesak, apalagi di dalam ruang sidang. Kata petugas parkir dibawah, yang sidang hari ini sekitar 5 ribu orang. Entahlah benar apa tidaknya sebanyak itu. Kali ini ruangan yang dipakai untuk sidang tilang adalah ruangan Soebekti. Untuk bisa masuk ke dalam ruang sidang butuh perjuangan, tidak berapa lama akhirnya bisa juga saya berada di dalam. Catatan ya, di dalam ruang sidang tidak boleh memotret dan memakai topi, nanti akan di tegur oleh Petugas Keamanan Pengadilan.

Proses sidangnya cukup cepat,nama kita dipanggil lalu maju ke hadapan hakim, oleh hakim diberitahu denda yang harus dibayar, kemudian kita keluar ruangan sidang menuju ruangan jaksa. Nah disanalah denda dibayarkan dan SIM atau STNK kita yang ditahan akan dikembalikan. Untuk tilang saya diberi denda 50rb rupiah + 500 rupiah biaya perkara, jadi totalnya 50.500 rupiah. Selesai sekitar jam 10.00 Wib, jadi hanya 1 jam saya disana.

Menurut website Pengadilan Negeri Jakarta Barat di http://pn-jakartabarat.go.id PROSEDUR  PERKARA PELANGGARAN LALU LINTAS (TILANG)  sebagai berikut :

  1. Pelanggar mendaftar ke meja satu  untuk menyerahkan bukti pelanggaran (lembar merah) ke  petugas (pegawai pengadilan)
  2. Pelanggar akan mendapatkan nomor antrian
  3. Pelanggar menunggu panggilan untuk sidang
  4. Pelanggar akan dipanggil untuk mengikuti sidang oleh majelis Hakim
  5. Pelanggar  membayar denda tilang sesuai dengan putusan hakim, ke petugas resmi (pegawai Kejaksaan Negeri)
  6. Pelanggar  menerima bukti pelanggaran (SIM/STNK)
  7. Apabila pelanggar  tidak hadir dalam persidangan, maka akan diputus verstek, dan pelanggar dapat mengambil barang bukti pelanggaran di Kejaksaan Negeri Jakarta Barat. Jalan S. Parman No. 4, Jakarta Barat, 021-7220987

Kesimpulannya menurut saya :

  1. Kalau kena tilang gak usah takut, akui kesalahan dan ikuti sidang. Dengan ikut sidang berarti kita memberi pemasukan kepada negara.
  2. Jangan memakai jasa calo, karena kalau kita ikuti sendiri ternyata prosesnya tidak serumit yang kita kira dan biasanya biaya yang harus kita keluarkan bila memakai jasa calo 2x lebih banyak dibandingkan apabila kita langsung yang ikut sidang.
  3. Jangan lagi melakukan pelanggaran lalu lintas

Yup….itulah sedikit kisah sidang tilang yang saya ikut kemarin. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian

Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.