Remunerasi PNS 2015

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Karanganyar Masih Kekurangan 500 Guru SD

lambang karanganyarKARANGANYAR – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar telah membentuk tim untuk menghitung jumlah guru dan membahasnya sesuai dengan terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Lima Menteri. Hingga saat ini, Karanganyar mengalami kekurangan untuk guru SD dan guru SMK, namun mengalami kelebihan jumlah untuk guru SMP dan SMA.

Kepala Disdikpora Sri Suranto menjelaskan, setidaknya kekurangan guru kelas SD berkisar 400-500 orang, juga guru untuk mata pelajaran (mapel) teknologi informasi (TI) di semua jenjang dan mapel produktif untuk SMK dan guru Bimbingan dan Konsultasi (BK). Sementara yang mengalami surplus jumlah guru adalah untuk mapel Bahasa Indonesia, IPS, Matematika dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di tingkat SMP-SMA.

“Kelebihan yang paling banyak memang guru IPS SMP-SMA,” jelas Sri Suranto tatkala ditemui, Rabu (18/1).

Namun dia tidak memerinci berapa jumlah kelebihan itu. Ketika ditanya kenapa guru SD masih mengalami kekurangan hingga ratusan orang, Sri Suranto yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) itu mengemukakan, bila hal itu karena tidak seimbangnya jumlah guru yang pensiun dengan perekrutan baru.

Saat perekrutan CPNS terakhir lalu misalnya, Karanganyar hanya mendapat alokasi sebanyak 39 orang, sedangkan yang pensiun antara 50-100 orang per tahunnya. Salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan guru SD itu diantaranya adalah dengan menjadikan guru mapel menjadi guru kelas, atau bisa juga diambilkan guru dari daerah lain di Jateng yang surplus guru SD.

Kebetulan Rabu (18/1), ada undangan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jateng, bersama kota dan kabupaten lain di Jateng untuk diberi petunjuk tentang mengatasi kekurangan dan kelebihan guru, sesuai terbitnya SKB 5 menteri.

Sumber : Suara Merdeka

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

5 Comments

Add a Comment
  1. saya dewi, mahasiswa PGSD semester akhir.
    mau tanya, daerah mana saja yang kekurangan guru SD?
    makasie…

    1. Hampir semua daerah di Indonesia kekurangan guru, Mbak.

  2. Jayanti Purwaningsih

    saya lulusan S1 pendidikan bahasa Daerah, bagaimana dengan guru mapel bahasa daerah? apakah di Karanganyar sendiri sudah tercukupi atau belum?mohon informasinya, terima kasih…

  3. saya lulusan TIK… SD mana aja yaw yang butuh TIK daerah jogja… thx

  4. aris rizka setiawan

    saya lulusan bk S1, kapan kira-kira pembukaan dan perekrutan CPNS di karanganyar dilakukan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Remunerasi 2015 & Penerimaan CPNS 2015 © 2015 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.