Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

DP3 PNS

pns3 DP3 PNSDP3 adalah Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan. Setiap tahun mulai bulan Januari sampai dengan bulan Desember dalam tahun yang bersangkutan, dilakukan penilaian atas pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap Pegawai Negeri Sipil. Penilaian atas pelaksanaan pekerjaan Pegawai Negeri Sipil tersebut dituangkan dalam suatau daftar.
Tujuan dari Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan adalah untuk memperoleh bahan-bahan pertimabangan yang obyektif dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja. Sesuai dengan tujuannya, maka Dafftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan harus dibuat seobyektif dan seteliti mungkin berdasarkan data yang tersedia. Untuk itu, maka setiap pejabat yang berwenang membuat dan memelihara catatan mengenai Pegawai Negeri Sipil yang berada dalam lingkungannya masing-masing.

Unsur-unsur yang dinilai dalam penilaian pelaksanaan pekerjaan adalah :
Kesetiaan
Kesetiaan adalah kesetiaan, ketaatan, dan pengabdian kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah.
Pada umumnya yang dimaksud dengan kesetiaan adalah tekad dan kesanggupannya mentaati, melaksanakan dan mengamalkan sesuatu yang ditaati dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab. Tekad dan kesanggupan tersebut harus dibuktikan dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari serta dalam perbuatan dalam melaksanakan tugas. Pada umumnya yang dimaksud dengan pengabdian adalah penyumbangan pikiran dan tenaga secara ikhlas dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan golongan atau pribadi. Pegawai Negeri Sipil sebagai unsur aparatur neggara, abdi negara dan abdi masyarakat, wajib setia, taat dan mengabdi sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah. Pada umumnya kesetiaan, ketaatan, dan pengabdian timbul dari pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, oleh sebab itu setiap Pegawai Negeri Sipil wajib mempelajari, memahami, melaksanakan dan mengamalkan Pancasila, undang-undang Dasar 1945, Haluan Negara, Politik, kebijaksanaan, dan Rencana-rencana Pemerintah.

Prestasi Kerja
Prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh seorang Pegawai Negeri Sipil dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Pada umumnya, prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil antara lain dipengaruhi oleh kecakapan, ketrampilan, pengalaman dan kesungguhan Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan.

Tanggung Jawab
Tanggungjawab adalah kesanggupan seorang Pegawai Negeri Sipil untuk mentaati segala peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasn yang berlaku, mentaati perintah kedinasan yang diberikan oleh atsan yang berwenang, serta kesanggupan untuk tidak melanggar larangan yang ditentukan.

Kejujuran
Pada umumnya yang dimaksu dengan keujujuran adalah ketulusan hati seorang Pegawai Negeri Sipil dalam melaksanakn tugas dan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan kepadanya.

Kerjasama
Kerjasama dalah kemampuan seorang Pegawai Negeri Sipil untuk bekerja bersama-sama dengan orang lain dalam menyelesaiakan suatu tugas yang ditentukan, sehingga mencapai dayaguna dan hasil guna yang sebesar-besarnya.

Prakarsa
Prakarsa adalah kemampuan seorang Pegawai Negeri Sipil untuk mengambil keputusan, langkah-langkah, atau melaksanakan sesuatu tindakan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas pokok tanpa menunggu perintah dari atasan.

Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan seorang Pegawai Negeri Sipil untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat dikerahkan secara maksimal untuk melaksanakan tugas pokok.
Penilaian unusur kepemimpinan hanya dikenakan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memangku suatu jabatan

Pejabat Penilai
Pejabat Penilai adalah atasan langsung Pegawai Negeri Sipil yang dinilai ;
Seorang Pejabat Penilai barulan dapat memberikan penilaian apabila telah membawahi Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan.
Ketentuan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada Pejabat Penilai untuk mengenal dengan baik Pegawai Negeri Sipil yang dinilai, sehingga dengan demikian diharapkan adanya obyektifitas di dalam memberikan penilaian
Khusus bagi Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, penilaian pelaksanaan pekerjaan dilakukan setelah ia sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil terhitung ia secara aktif melaksanakan tugasnya (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugasnya/SPMT) sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 1976 Pasal 12.
Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil yang telah dibuat daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan untuk kepentingan pengangkatan menajdi Pegawai Negeri Sipil, tidak usah lagi dibuat daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan pada bulan Desember tahun yangbersangkuta

Nilai
Nilai pelaksanaan pekerjaan dinyatakan dengan sebutan dan angka sebagai berikut :
Amat Baik : 91 – 100
Baik : 76 – 90
Cukup : 61 – 75
Sedang : 51 – 60
Kurang : 50 ke bawah
Pemberian nilai dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan, harus berpedoman kepada lampiran nilai dalam sebutan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil yang dibuat dan telah ditandatangani oleh Pejabat Penilai diberikan secara langsung kepada Pegawai Negeri Sipil yang dinilai oleh pejabat Penilai.

Sifat
Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan adalah bersifat rahasia oleh sebab itu Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan tersebut harus disimpan dengan baik dan dipelihara dengan baik pula. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan hanya dapat diketahui oleh Pegawai Negeri Sipil yang dinilai, Pejabat Penilai, Atasan Pejabat Penilai, atasan dari Atasan Pejabat Peniliai (sampai yang tertinggi) dan atau pejabat lain yang karena tugas jabatannya mengharuskan ia mengetahui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan.

Penggunaan
Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan digunakan sebagai bahan dalam melaksanakan pembinaan Pegawai Negeri Sipil, antara lain dalam mempertimbangkan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, dan lain-lain.
Nilai dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan suatu mutasi kepegawaian dalam tahun berikutnya, kecuali ada perbuatan tercela dan Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan yang dapat mengurangi atau meniadakan nilai tersebut.

Landasan Hukum
Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 8 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian
Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil
Surat Edaran Kepala BAKN Nomor 02/SE/1980 tanggal 11 Pebruari 1980 tentang Penilaian Pelaksaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil


Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

2 Comments

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.