Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Peserta Sertifikasi Guru Membeludak

Logo Kabupaten Bandung 300x300 Peserta Sertifikasi Guru MembeludakSOREANG – Peserta sertifikasi guru di Kab. Bandung untuk tahun 2012 telah mencapai sekitar 10.000 orang. Angka itu merupakan data hingga pertengahan November lalu. Padahal berdasarkan kuota dari pemerintah pusat, jatah untuk Kab. Bandung hanya 3.217 guru.

Membeludaknya peserta sertifikasi guru tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) TK/SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Bandung, Yayat Hendayana kepada “GM” di Soreang, Rabu (7/12). Kewajiban guru bersertifikat ini merupakan aturan baru dari Kementerian Pendiidkan Nasional (Kemendilknas) RI.

“Meskipun ada sejumlah perubahan prinsip dalam proses sertifikasi guru tahun 2012, minat untuk mengikuti program sertifikasi cukup tinggi. Sebab sertifikasi ini memang wajib bagi yang sudah memenuhi syarat,” ujar Yayat.

Dijelaskan, peserta yang sudah tervalidasi datanya di panitia secara online akan mengikuti tes keprofesionalan pada 28 Januari 2012. Mereka yang lulus, selanjutnya mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). “Bagi yang tidak lulus tes, harus mengulang dua tahun lagi,” katanya.

Tak ada titipan

Dikatakan Yayat, beberapa perubahan yang dilakukan pada sertifikasi guru  tahun 2012 adalah proses validasi secara online penuh. Sebelumnya, proses validasi sebagian dilakukan secara manual. Dengan sistem online, katanya, semua peserta dapat secara jelas melihat dan mengikuti proses sejak pendaftaran, validasi data hingga pengumuman hasil tes.

“Dengan sistem online penuh, tidak akan ada yang namanya titip atau rekayasa untuk meluluskan peserta tertentu, ” ujar Yayat.

Selain sistem online, perubahan lain pada sertifikasi guru tahun 2012 adalah dalam penentuan peringkat untuk menentukan kuota. Yayat mengatakan, sistem peringkat sertifikasi guru tahun 2012 dimulai dari usia peserta, kemudian baru masa kerja. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dimulai dari masa kerja.

Yayat mengatakan, pemeringkatan peserta disusun dengan mencantumkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dilakukan secara online. “Perubahan lainnya, untuk peserta non-S1 dan usia 50 tahun dengan masa kerja 20 tahun, otomatis telah memenuhi persyaratan sertifikasi,” ujarnya.

Terkait kuota sertifikasi, Yayat mengatakan, tahun 2012 meningkat jika dibanding tahun sebelumnya, yaitu dari 2.779 orang pada tahun 2011 menjadi 3.217 untuk tahun ini.


Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

1 Comment

Add a Comment
  1. ktnya berdasarkan usia?harusnya klw hitung2an matematis maka minimal usia yg disertifikasi adlah: 18thn (usia lulus SLTA) + 4 atau 5 thn(masa kuliah plg cepat) + 6thn (min.masa kerja)=28thn atau 29 thn. Maka seharusnya diatas usia tsb lbh diprioritaskan. Jangan sampai tmn2 yg sdh lama mengabdi hrs tersingkir oleh yg dibwh tsb krn dipaksakan memenuhi kuota yg berlimpah disuatu daerah smtara daerah lain miskin kuota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.