Remunerasi PNS 2014

Remunerasi PNS TNI POLRI & Tunjangan Kinerja

Pegawai Negeri

lambang garuda 286x300 Pegawai NegeriPengertian Pegawai Negeri menurut Wikipedia adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pegawai negeri di Indonesia :

Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian dinyatakan bahwa pegawai negeri terdiri dari:

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  3. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdiri dari:

Pegawai Negeri Sipil Pusat

  1. Pegawai Negeri Sipil yang gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bekerja pada Departemen, Lembaga Non Departemen, Kesekretariatan Lembaga tertinggi/Tinggi Negara, dan kepaniteraan pengadilan.
  2. Pegawai Negeri Sipil Pusat yang bekerja pada perusahaan jawatan.
  3. Pegawai Negeri Sipil Pusat yang diperbantukan atau dipekerjakan pada daerah otonom.
  4. Pegawai Negeri Pusat Pusat yang berdasarkan suatu peraturan perundang-undangan diperbantukan atau dipekerjakan pada badan lain, seperti perusahaan umum, yayasan, dan lain-lain.
  5. Pegawai Negeri Sipil Pusat yang menyelenggarakan tugas negara lain, seperti hakim pada pengadilan negeri, pengadilan tinggi, dan lain-lain.

Pegawai Negeri Sipil Daerah

Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di daerah otonom seperti daerah provinsi/kabupaten/kota dan gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dipekerjakan pada pemerintah daerah maupun dipekerjakan di luar instansi induknya.

Jabatan kepemerintahan berstatus Pegawai Negeri Sipil

1. Jabatan Struktural

Jabatan struktural adalah suatu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam rangka memimpin suatu satuan organisasi negara.Jabatan struktural di Pegawai Negeri Sipil Pusat adalah: Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal, Kepala Biro, Staf Ahli. Jabatan struktural di Pegawai Negeri Sipil Daerah adalah: Sekretaris daerah, Kepala dinas/badan/kantor, Kepala bagian, Kepala bidang, Kepala seksi, Camat, Sekretaris camat, Lurah, Sekretaris lurah.

2. Jabatan Fungsional

Jabatan yang tidak secara tegas disebutkan dalam struktur organisasi pemerintah, tetapi dari sudut pandang fungsinya diperlukan oleh organisasi pemerintah. Pangkat Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan fungsional berorientasi pada prestasi kerja, sehingga tujuan untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil sebagai aparatur negara yang berdaya guna dan berhasil guna dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan dapat dicapai. Berikut beberapa Pegawai Negeri Sipil yang berstatus dalam jabatan fungsional: Guru, Dokter, Widyaiswara, Bidan, Perawat, Bidan, Apoteker, Auditor, Statistisi, Pranata laboratorium pendidikan, Pranata komputer, Arsiparis, Pustakawan.

Jabatan kepemerintahan tidak berstatus Pegawai Negeri Sipil

Jabatan dalam organisasi pemerintah diIndonesiaberikut ini adalah pejabat yang bukan sebagai Pegawai Negeri Sipil ataupun berstatus pegawai negeri. Pejabat berikut ini dipilih berdasarkan pemilihan yang melibatkan suara rakyat. Kekuasaan mereka melebihi pejabat yang berstatus Pegawai Negeri Sipil, karena mereka merupakan aspirasi dan suara rakyat, karena jabatan ini memiliki wewenang atas pejabat yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Berikut adalah jabatan berdasarkan suara rakyat: Presiden, Menteri (diangkat oleh presiden), Gubernur, Bupati, Walikota, DPR, DPRD, Kepala desa.

Daftar Golongan dan Pangkat Pegawai Negeri Sipil Indonesia

Daftar Golongan dan Pangkat Pegawai Negeri Sipil Indonesia :

Golongan       Pangkat

I/a        Juru Muda
I/b        Juru Muda Tingkat I
I/c        Juru
I/d        Juru Tingkat I
II/a       Pengatur Muda
II/b       Pengatur Muda Tingkat I
II/c       Pengatur
II/d       Pengatur Tingkat I
III/a      Penata Muda
III/b      Penata Muda Tingkat I
III/c      Penata
III/d      Penata Tingkat I
IV/a     Pembina
IV/b     Pembina Tingkat I
IV/c     Pembina Utama Muda
IV/d     Pembina Utama Madya
IV/e     Pembina Utama
 

Incoming search terms:

The Author

Remunerasi PNS

Terima Kasih anda telah mengunjungi situs RemunerasiPNS.Com. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai remunerasi, tunjangan kinerja, penerimaan cpns, sekolah kedinasan, guru, perawat, TNI, POLRI, beasiswa, dll

2 Comments

Add a Comment
  1. please,,,, kasih tw refrensi/buku apa yang membahas masalah pegawai negeri,,, ditunggu balasannya di email

    1. tentu saja banyak buku yang membahas tentang PNS. secara umum kalau anda ingin mengetahui tentang PNS bisa membaca dari buku undang-undang pokok kepegawaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Remunerasi 2014 & Penerimaan CPNS 2014 © 2014 Frontier Theme
close

site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.